ABSTRAKKeterlibatan siswa - siswi sekolah menegah tingkat atas dan sekolah menengah kejuruan dalam hal penyalahgunaan narkoba sudah menunjukan indikasi yang sangat memprihatinkan dan membahayakan dunia pendidikan. Hal ini disebabkan karena siswa-siswi tersebut sedang berada di masa remaja yang sangat rentan sekali terpengaruh terhadap hal - hal yang bersifat baru .Salah satu penyebab dari meningkatnya penyalahgunaan narkoba dikalangan para siswa-siswi adalah karena kurangnya informasi pengetahuan tentang narkoba dan bahaya dari penyalahgunaan narkoba. Berkaitan dengan hal tersebut maka guru sebagai orang tua siswa di sekolah sangatlah penting tugasnya dalam hal melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa.Dalam kaitan tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul?Efektifitas pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa oleh guru dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional (Studi Kasus SMAN 4 Batanghari dan SMKN 4 Batanghari Kabupaten Batanghari)?.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif jenis studi kasus atau case study yang merupakan bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Data dari hasil wawancara dengan sumber informan akan dijadikan sebuah jawaban pada kedua masalah yang diajukan dalam penelitian ini. Dalam menganalisa data yang didapat, peneliti menggunakan model analisa data kualitatif yang dikembangkan oleh Creswell dan Miles-Huberman dengan beberapa tahap dalam melakukan analisis data yaitu reduksi data, display data , penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa oleh guru dan untuk menganalisis pengetahuan, perasaan, dan tindak lanjut siswa setelah mendapatkan informasi pengetahuan tentang narkoba oleh guru.
Efektifitas pemberian informasi dan pengetahuan pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh guru kepada siswa-siswi dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, seperti dilihat dari sudut komunikasi. Karena proses pemberian informasi dan pengetahuan melibatkan guru sebagai komunikator, membutuhkan pesan sebagai materi informasi, membutuhkan media yang tepat untuk digunakan, dan memilih sasaran yaitu siswa yang akan menerima sejumlah pesan yang terkandung didalamnya, umpan balik serta mengharapkan efek sebagai tujuan utama dari pemberian informasi dan pengetahuan yang berupa respons positif baik secara kognitif ( pengetahuan ), secara afektif ( rasa kepuasan ), dan konatif ( sebagai respons positif berupa tindak lanjut ).
Kesimpulannya adalah bahwa efektifitas pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa oleh guru telah dapat dikatakan efektif . Komunikasi yang efektif merupakan pencapaian tujuan pesan atau materi yang disampaikan guru sebagi komunikator kepada para siswa sebagai komunikan yang menimbulkan efek atau pengaruh perubahan prilaku siswa. Hal ini dapat dilihat dari sudah terbentuk pik-r di sekolah yang merupakan sarana untuk menyampaikan informasi pengetahuan narkoba oleh siswa dan untuk siswa , kesiapan siswa untuk melaporkan kepada guru jika ada siswa yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba serta kesiapan siswa menyatakan perang terhadap narkoba
ABSTRACTThe involvement of students of both Senior High School (state/private) and Vocational Senior High School (state/private) in terms of abuse of narcotic and elicit drugs, it had indicated deeply apprehensiveness and highly endangered educational domain. It is resulted by their position as juvenile and very vulnerable against new issues as well as lack of information on abuse of narcotic and elicit drugs and its dangerousness. Hence, the author had ben drawn to implement any research in title of Prevention Effectiveness of Abuse of narcotic and elicit drugs in Students Circle by Teachers In Order To manifest National Defense(Case Study on State Senior High School 4 of Batanghari and Vocational Senior High School 4 of Batanghari, Regency of Batanghari).?.
This research conducted by qualitative method in type of case study to be studied by using collection of various information resources more deeply. The data collected by interview results from informant resource will be made as response for those both cases presented in this research. To analyze fact findings the author had used model of qualitative data analysis developed by Creswell and Miles-Huberman by some data analysis stages those are data reduction, data display as well as conclusion and verification. The objective of this research is to analyze prevention effectiveness of abuse of narcotic and elicit drugs in students circle by teachers in terms of knowledge, feeling and follow up upon those students having obtained information/knowledge on narcotic and elicit from teachers. Effectiveness of information/knowledge on abuse of narcotic and elicit drugs prevention from teachers in scope of national defense manifstation may be viewed from some sides such as communication one. Because of information/ knowledge presentation involved teachers as communicator then, it requires message as information materials, the right media and target, ie, students who will receive some contained messages, feedback as well as a wished effect as main objective of given information/knowledge such as cognitively(knowledge), affectively (satisfaction) and conotatively (follow up) positive responses.
The drawn conclusion is that prevention effectiveness of abuse of narcotic and elicit drugs in students circle by teachers is most possibly effective. Effective communication is objective achievement of message or materials sent by teachers as communicator to students as communicant resulting in effect or influence of students behavior changes. It may be proven by forming of good mindset at school as facility of sending knowledge/ information in terms of narcotic and elicit drugs by students to students, readiness of students to report teacher(s) when there is student who involved in abuse of narcotic and elicit drugs as well as war declaration of students against narcotic and elicit drugs.