UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Proses pembelajaran santri melalui mnemonic device untuk memahami teks kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Idrus, Desa Aweh,Kec. Kalang Anyar, Kab. Lebak, Prov. Banten = Students learning process through mnemonic device to understand kitab kuning text in Al Idrus Islamic Boarding School Aweh Village Kalang Anyar Subdistrict Lebak District Banten Province

Novytya Ariyanti; Ezra Mahresi Choesin, supervisor; Imam Ardhianto, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini mengenai bagaimana connectionism dapat digunakan untuk menjelaskan variasi model budaya para santri Pondok Pesantren Al-Idrus Lebak, Banten dalam proses belajar mereka untuk memahami teks kitab kuning. Belajar teks kitab kuning yang bertuliskan huruf gundul, akan menimbulkan kemungkinan perbedaan pemahaman antara santri dengan ustad melalui trial and error. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan teknik participant observation dan indepth interview. Deskripsi awal, menyebut bahwa terdapat tahapan proses belajar santri untuk pencapaian kata ?paham? mengenai teks kitab kuning, serta dalam proses belajar santri menggunakan mnemonic devices atau alat bantu pengingat. Kemudian, alat bantu pengingat ini semakin dirangsang oleh lingkungan struktur ekstrapersonal. Struktur ekstrapersonal tersebut mendiktekan terjadinya variasi model budaya.

ABSTRAK
This thesis is about how connectionism can be used to explain the variations of cultural model of students in Islamic Boarding School Al-Idrus Lebak, Banten in their learning process to understand the kitab kuning text. Learning thekitab kuning which is writtenS without diacritics will possibly cause differences in understanding between the students and the teacher, through ?trial and error?. This thesis uses qualitative method through data collecting technique by participant observation and indepth interview. The first explanation tells us that there are some stages in the learning process of the students to ?understand? the kitab kuning. Also, the students used mnemonic devices in the learning process. Then, thedevices arestimulated constantly by extrapersonal structure of environment. The extrapersonal structure dictates the variations of cultural models.

 File Digital: 1

Shelf
 S65028-Novytya Ariyanti.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata

No. Panggil : S65028
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxii, 129 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 119-122
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S65028 14-18-402151736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20431597