ABSTRAKKeberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dapat berfungsi sebagai tempat bermain
dan berinteraksi bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
hubungan perkembangan perilaku anak umur 6-12 tahun dengan keberadaan
fungsi RTH. Penelitian ini menggunakan studi cross-sectional dan 216 sampel.
Data yang didapatkan berupa data primer melalui wawancara menggunakan
kuesioner mengenai RTH dan Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ)
mengenai perkembangan perilaku anak. Hasil penelitian menunjukkan hanya
utilitas RTH dengan perkembangan perilaku anak yang memiliki hubungan
bermakna secara statistik. Nilai OR yang dihasilkan adalah 3,25 (CI 95%: 1,51-
6,98) dan nilai p sebesar 0,03. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hanya
variabel utilitas RTH yang memiliki hubungan signifikan dengan perkembangan
perilaku anak.
ABSTRACTThe existence of green open space has function as a place to play and
interact with the children. This study aimed to analyze the relationship between
behavioral development of children aged 6-12 years with the presence of green
open space function. This study uses a cross-sectional study and 216 samples.
Data obtained in the form of primary data through interviews using a
questionnaire about RTH and the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ)
on the development of children's behavior. The results showed only green open
space utility with behavioral development of children who have a statistically
significant relationship. OR the resulting value was 3.25 (95% CI: 1.51 to 6.98)
and the p-value of 0.03. The conclusion from this study that the only variable
green open space utility that has a significant relationship with the development
of the child's behavior.