UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh tingkat harga bahan bakar minyak bersubsidi dan etnosentrisme terhadap perilaku berpindah merek = Effect of price level on subsidy gasoline and ethnocentrism toward brand switching behavior

Mahligai Mecca; Ignatius Heruwasto, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Fenomena yang dihadapi masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2014 adalah kenaikan harga bahan bakar minyak jenis Premium akibat pemotongan subsidi.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh tingkat harga Premium terhadap perilaku berpindah merek dari produk subsidi ke produk Nonsubsidi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan 142 responden yang merupakan konsumen bahan bakar minyak jenis Premium dalam kurun waktu tiga bulan terakhir dari pengambilan data.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data menggunakan analisis diskriminan dengan menggunakan SPSS 20.0.Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh tingkat harga bahan bakar minyak jenisPremium terhadap perilaku berpindah merek konsumen Premium.Penelitian ini juga mengungkapkan pengaruh etnosentrisme terhadap keputusan berpindah ke Pertamax atau pindah ke Non-Pertamina. Hasil penelitian menyarankan kepada Pertamina untuk senantiasa mengevaluasi kebijakan harga bahan bakar minyak jenis Premium dan memberikan pendekatan pesan yang berbeda bagi konsumen dengan tingkat kecenderungan etnosentrisme yang berbeda.

During the end of 2014, Indonesian consumer is facing an increase in the subsidized fuel ("Premium") price due to the government policy to cut fuel subsidy. This research will focus on the effect of subsidized fuel price level towards the respondent's switching behaviour to non-subsidized fuel ("Pertamax" or "Non-Pertamina").This research is a descriptive research with 142 respondent whom has been using "Premium" fuel in the last three months (february-may). The instrument used is a questionnaire and the data is analyzed using discriminant analysis in SPSS 20.0. Result shows that there is an effect of subsidized fuel pricelevel and ethnocentrism toward consumer's switching behaviour and decision. This findings suggest that Pertamina should evaluate the "Premium"'s pricepolicy and to give a different approach in messaging the consumer based on their ethnocentricism tendency.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Mahligai Mecca.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 84 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-868862532 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20415449
Cover