UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan positive parenting program (triple-p) untuk membentuk praktik pengasuhan positif pada orangtua dari remaja dengan perilaku disruptive = An application of positive parenting program triple p for creating positive parenting practices in parents of teenager with disruptive behavioran application of positive parenting program triple p for creating positive parenting practices in parents of teenager with disruptive behavior

Vincentia Gladys Djunaidy; Dini P. Daengsari, supervisor; Eko Handayani, supervisor; Erniza Miranda Madjid, examiner; Mayke Sugianto Tedjasaputra, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Praktik pengasuhan negatif adalah salah satu penyebab munculnya perilaku disruptive pada remaja. Positive Parenting Program (Triple P) merupakan salah satu bentuk behavior parent training yang digunakan untuk mencegah maupun menangani masalah perilaku, emosi dan perkembangan pada anak, dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan diri orangtua terkait proses pengasuhan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian single case design (N=1), yang bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan Triple P untuk membentuk praktik pengasuhan positif pada orangtua dari remaja dengan perilaku disruptive. Perubahan kualitas praktik pengasuhan diukur dengan melihat perubahan skor Skala Praktik Pengasuhan, sementara perilaku disruptive remaja diukur menggunakan Child Behavior Checklist (CBCL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Triple P mampu menurunkan masalah perilaku disruptive remaja dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan diri orangtua terkait proses pengasuhan.

Disruptive behavior in teenager are often caused by negative parenting practices. Positive Parenting Program (Triple P) is one of behavior parent training that can be used for preventing or reducing behavioral , emotional and developmental problems in children, by enhancing parents’ knowledge, skills and confidence in parenting practices. This research is a single case design (N=1), that aimed to determine the effectiveness of the application of Triple P to create positive parenting practices in parent of teenager with disruptive behavior. The improvement of parenting practices are measured by Parenting Practices Scale, meanwhile Child Behavior Checklist (CBCL) is used to measure teenager’s disruptive behavior. The result shows that Triple P is effective for reducing teenager’s disruptive behavior by enhancing parents’ knowledge, skills and confidence in parenting practices.

 File Digital: 1

Shelf
 T44723-Vincentia Gladys Djunaidy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T44723
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 81 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T44723 15-25-78727473 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20414718
Cover