UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour ocb pada karyawan tetap level non managerial PT Schneider Electric Indonesia = The influence of job satisfaction on organizational citizenship behaviour ocb of permanent employees non managerial at PT Schneider Electric Indonesia

Yani Christin; Pantius Drahen Soeling, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) karyawan tetap level non-manajerial pada PT. Schneider Electric Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kepuasan kerja yang akan diukur berdasarkan dimensi dari Smith, Kendal dan Hullin (1969), yang telah dibakukan dalam Job Descriptive Index (JDI) sedangkan variabel dependen dari penelitian ini yaitu organizational citizenship behaviour (OCB) akan diukur menggunakan 5 dimensi dari Organ (1988) yaitu altruism, conscientiousness, civic virtue, sportsmanship dan courtesy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel dari penelitian ini sebanyak 61 karyawan tetap level nonmanajerial di PT. Schneider Electric Indonesia yang telah memiliki masa kerja minimal 1 tahun dan sudah berstatus karyawan tetap dengan level staff (nonmanagerial). Data penelitian ini akan dianalisa menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini merupakan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB). Penelitian ini dapat digunakan bagi para manajer untuk melihat tingkat OCB dikalangan anak buahnya. Sehingga para manajer dapat mengetahui juga cara memaintance anak buahnya agar tetap puas dan dapat memeprtahankan perilaku ekstranya. Penelitian ini juga menyarankan untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan variabel lain, selain kepuasan kerja yang dapat mempengaruhi OCB.

The aim of this study is to analyze the influences of job satisfaction on organizational citizenship behaviour (OCB) of permanent employees level staff at PT. Schneider Electric Indonesia. The independent variable is job satisfaction which is scaled by Smith, Kendal and Hullin (1969) which has been standardized into Job Descriptive Index (JDI), and the dependent variable is organizational citizenship behaviour (OCB) which is scaled by Organ (1988) with 5 dimensions such as altruism, conscientiousness, civic virtue, sportsmanship dan courtesy. The research used quantitative method with quentionnaire as an research instrument. Subject of the research is 61 employees that have been permanent employees of non-managerial position at PT. Schneider Electric Indonesia. Data gathered from research will be analyzed using descriptive analysis and inferential analysis. The job satisfaction was significantly and related to the organizational citizenship behaviour (OCB). This research can be used by managers to observes employee’s OCB level. The result, managers cognize how to tend the employee’s satisfaction and shown extra role behaviour. The research suggest tofuture research should study with different variable can be impact OCB.

 File Digital: 1

Shelf
 S60525-Yani Christin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S60525
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 147 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S60525 14-25-56839755 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412856
Cover