[Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap
organizational citizenship behaviour (OCB) karyawan tetap level non-manajerial
pada PT. Schneider Electric Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini
yaitu kepuasan kerja yang akan diukur berdasarkan dimensi dari Smith, Kendal
dan Hullin (1969), yang telah dibakukan dalam Job Descriptive Index (JDI)
sedangkan variabel dependen dari penelitian ini yaitu organizational citizenship
behaviour (OCB) akan diukur menggunakan 5 dimensi dari Organ (1988) yaitu
altruism, conscientiousness, civic virtue, sportsmanship dan courtesy. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen
penelitian. Sampel dari penelitian ini sebanyak 61 karyawan tetap level nonmanajerial
di PT. Schneider Electric Indonesia yang telah memiliki masa kerja
minimal 1 tahun dan sudah berstatus karyawan tetap dengan level staff (nonmanagerial).
Data penelitian ini akan dianalisa menggunakan analisis deskriptif
dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini merupakan kepuasan kerja
berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB).
Penelitian ini dapat digunakan bagi para manajer untuk melihat tingkat OCB
dikalangan anak buahnya. Sehingga para manajer dapat mengetahui juga cara memaintance
anak buahnya agar tetap puas dan dapat memeprtahankan perilaku
ekstranya. Penelitian ini juga menyarankan untuk melakukan penelitian
selanjutnya dengan variabel lain, selain kepuasan kerja yang dapat mempengaruhi
OCB., The aim of this study is to analyze the influences of job satisfaction on
organizational citizenship behaviour (OCB) of permanent employees level staff at
PT. Schneider Electric Indonesia. The independent variable is job satisfaction
which is scaled by Smith, Kendal and Hullin (1969) which has been standardized
into Job Descriptive Index (JDI), and the dependent variable is organizational
citizenship behaviour (OCB) which is scaled by Organ (1988) with 5 dimensions
such as altruism, conscientiousness, civic virtue, sportsmanship dan courtesy. The
research used quantitative method with quentionnaire as an research instrument.
Subject of the research is 61 employees that have been permanent employees of
non-managerial position at PT. Schneider Electric Indonesia. Data gathered from
research will be analyzed using descriptive analysis and inferential analysis. The
job satisfaction was significantly and related to the organizational citizenship
behaviour (OCB). This research can be used by managers to observes employee’s
OCB level. The result, managers cognize how to tend the employee’s satisfaction
and shown extra role behaviour. The research suggest tofuture research should
study with different variable can be impact OCB.]