Pemerintah Indonesia membuat kebijakan tentang keharusan pengintegrasian
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pengajaran di sekolah untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Tetapi, peneliti menyangsikan bahwa penerapan
TIK dalam pengajaran belum sesuai dengan yang dianjurkan oleh pemerintah.
Berdasarkan persepsi pengajar dan pemelajar di Rintisan Sekolah Bertaraf
Internasional (RSBI), penelitian ini menginvestigasi penggunaan TIK dalam
pengajaran bahasa Inggris. Penelitian ini mengambil data melalui kuesioner,
observasi dan wawancara di tiga SMA dan tiga SMK bersertifikasi RSBI yang ada di
kota Padang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan TIK dalam
pengajaran bahasa Inggris masih untuk keperluan akses informasi, belum untuk
berkomunikasi. Hambatan utama penggunaan TIK adalah kurang tersedianya sarana
dan prasarana penunjang sehingga pengajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan
TIK tidak berjalan sebagaimana mestinya. Walaupun demikian, pengajar dan
pemelajar setuju bahwa TIK sangat bermanfaat bagi pengajaran bahasa Inggris.
Selain itu, penelitian ini menemukan pengajaran blended learning telah
diimplementasikan di SMK dengan memanfaatkan suatu program pembelajaran
online, program DynEd, yang didanai oleh pemerintah
Although the Indonesian Government has established a policy about the necessity ofintegrating Information and Communication Technology (ICT) in teaching toupgrade the quality of education, there is a concern that ICT is not utilize asrecommended by the government in the implementing schools. Based on theperceptions of both teachers and students in Piloted International Standard Schools,this study investigates the use of ICT in the teaching of English. This study makes useof questionnaires, observations and interviews to collect data in three High Schoolsand three Vocational Schools which have Piloted International Standard Schoolcertification in Padang city. Results show that the use of ICT in teaching English islimited to accessing information and not yet used for communication. The mainbarrier of using ICT is the lack of infrastructure that supports the utilization of ICTfor English teaching. Nevertheless, teachers and students agree that ICT is verybeneficial for the teaching of English. However, this study found that blendedlearning has been implemented in Vocational Schools through online learningprogram, DynEd program, which provided by the government