RINGKASAN EKSEKUTIF
Profil Perusahaan
Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober tahun 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia Pada tahun 1999 empat bank pemerintah yaitu Bank Bumi Daya Bank Dagang Negara Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia dilebur menjadi Bank Mandiri Saat ini Bank Mandiri tengah melaksanakan tahap transformasi lanjutan tahun 2010 2014 dengan melakukan revitalisasi visi yaitu Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang Paling Dikagumi dan Selalu Progresif Sejalan dengan visi tersebut Bank Mandiri berambisi untuk masuk dalam jajaran Top 5 Bank di ASEAN pada tahun 2014.
Analisis Situasi
1. Bank Mandiri bertransformasi menjadi perusahaan yang berbasis Strategic Business Unit SBU sehingga masing masing direktorat mempunyai target sendiri.
2. Hal ini berdampak pada budaya kerja yang fulltime untuk mencapai target 3 Sementara itu penyebutan generasi X dan Y di lingkungan Bank Mandiri juga masih sangat terasa Sehingga menyebabkan kurangnya interaksi yang terjalin antar karyawan Bank Mandiri.
4. Diperlukan kegiatan internal relations untuk meningkatkan hubungan dan interaksi antar karyawan melalui beberapa program
Tujuan Program
1. Meningkatkan hubungan baik dan interaksi antar karyawan Bank Mandiri terutama bagi para karyawan generasi X dan generasi Y.
2 Menumbuhkan kedekatan antar karyawan yang dapat terjalin dengan baik sehingga penyebutan generasi X dan generasi Y di lingkungan kerja Bank Mandiri dapat dihilangkan.
Strategi Program
Meningkatkan interaksi antar karyawan melalui beberapa kegiatan Internal Relations
Khalayak sasaran
Publik internal Bank Mandiri di Gedung Plaza Mandiri Jl Jend Gatot Subroto Jakarta Selatan.
Pesan Kunci
Program internal relations dapat menjadi wadah untuk menjalin kedekatan antar keryawan di Bank Mandiri.
Usulan Program
1. Employee Gathering
2. Karnival Mandiri
3. Mandiri NightAnggaranRp 1 261 050 000
Jadwal Kegiatan
Juni Oktober 2015
Evaluasi
Tahapan evaluasi yang digunakan adalah
1. Tahap Input
2. Tahap Output
3. Tahap Outcomes
Setiap tahap memiliki tolak ukur dan instrumen masing masing
EXECUTIVE SUMMARYCompany ProfileBank Mandiri was established on 2 October 1998 as part of the bank restructuring program of the Government of Indonesia In July 1999 four state owned banks Bank Bumi Daya Bank Dagang Negara Bank Exim and Bapindo were amalgamated into Bank Mandiri Bank Mandiri are now embarking on the second stage of our transformation process for the 2010 2014 period by revitalizing our vision To be Indonesia's Most Admired and Progressive Financial Institution Align with our vision we are determined to reach the ranks of the Top 5 Banks in ASEAN Situation Analysis1. Bank Mandiri has transformed into an Strategic Business Unit SBU company where each units has their own target 2. The transformation turns the company rsquo s working culture into target oriented which makes the employees work fulltime3. Meanwhile the gap between the X and Y generation has become one of the company rsquo s internal problem Moreover the gap caused the lack of interaction between employees4. Therefore internal relations activities are needed to increase relationship and interaction between employees through several programsPurpose of the Program1. To increase good relationship and interaction between employees especially between the X and Y generation 2. To create harmony between employees and to eliminate the gap between the X and Y generation Program StrategyTo increase interaction between employees through several internal relations programs Target AudienceInternal stakeholders Bank Mandiri at Gedung Plaza Mandiri Jl Gatot Subroto JakartaKey MessageInternal Relations program as a place of to create harmony between employees in Bank MandiriProgram Recommendation1. Employee Gathering2 Karnival Mandiri3 Mandiri NightBudgetRp 1 261 050 000TimelineJune October 2015EvaluationEvaluation stage used 1. Input Stage2. Output Stage3. Outcomes StageEach stage has its own measurement and instument