UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Belajar agrometeorologi dengan atau tanpa pengambilan keputusan kasus pada musim rendeng 2013-2014 = learning agrometeorology with or without decision making the case in rendeng season 2013-2014

Aria Sakti Handoko; M.A. Yunita Triwardani Winarto, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Skripsi ini mengaji keragaman pembelajaran petani Klub Pengukur Curah Hujan Indramayu (KPCHI) yang melakukan kegaitan pembelajaran agrometeorologi dalam Warung Ilmiah Lapangan (WIL). Pembelajaran agrometeorologi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam menanggapi konsekuensi perubahan iklim. Pembelajaran ini mendorong petani untuk melakukan pengukuran curah hujan dan pengamatan agroekosistem harian agar dapat mengantisipasi kemungkinan di masa depan dalam menghadapi fenomena perubahan iklim. Melalui skema-antisipasi dalam kognisinya ,petani melakukan pengayaan pengetahuan dan pengambilan keputusan untuk mewujudkan tindakan yang perlu dilakukan. Namun, tidak semua pengukur curah hujan memiliki akses pengambilan keputusan di sawah pengamatan karena faktor kepemilikan lahan. Hal itu menghasilkan keragaman dalam proses belajar agrometeorologi di antara mereka. Perbedaan dalam proses belajar dengan atau tanpa praktik pengambilan keputusan itu memegaruhi mekanisme umpan balik ke dalam pengetahuan, pemahaman, dan praktik mereka dalam bercocok tanam.

This manuscript examines the variety of learning activities among members of Indramayu Rainfall Observer Club (Klub Pengukur Curah Hujan Indramayu [KPCHI]) with regards to the agrometeorology learning in Science Field Shop (SFS). The aim of this learning is to encourage farmers? ability to respond better to the consequences of climate change. In SFS the farmers learn to measure of rainfall and to observe their rice fields agroecosystem daily to enable them anticipating future conditions of climate change. The anticipation-schema enriched farmers? knowledge and became a basis to make decision. However, not all of the rainfall observers be able to access decision making on their observations because of not their own land. That is produce variation in their agrometeorology learning with and without making decision, which further affected the feedback mechanism to their knowledge, understanding, and practice.

 File Digital: 1

Shelf
 S58112-Aria Sakti Handoko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S58112
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 162 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58112 14-25-43502801 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403057
Cover