UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ketika peringatan kematian lebih mendorong anda untuk merokok dibandingkan peringatan harga diri = when death related warnings encourage you to smoke more than self esteem related warnings do

Wada Anzilah; Erita Narhetali, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh isi pesan peringatan kematian atau harga diri pada bungkus rokok pada sikap terhadap perilaku merokok berdasarkan Terror Management Health Model. Bila harga diri relevan dengan perilaku merokok yang dimiliki individu maka sikap terhadap perilaku merokok menjadi positif ketika diberikan peringatan kematian dan sebaliknya ketika diberikan peringatan harga diri. Penelitian ini memiliki desain 3 (bentuk peringatan: tulisan vs gambar vs gambar dan tulisan) x 2 (isi pesan peringatan: kematian vs harga diri). Partisipan (N = 175) diberikan kotak rokok dengan peringatan merokok berbentuk tulisan, gambar atau gambar dan tulisan kemudian mengisi kuesioner sikap terhadap perilaku merokok. Efek moderasi dari relevansi harga diri dengan perilaku merokok diukur menggunakan Smoking as Relevant to Self-Esteem yang dikembangkan oleh Hansen, dkk.(2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan dalam kelompok peringatan kematian memiliki skor nilai sikap yang lebih tinggi secara signifikan, dibandingkan kelompok peringatan harga diri, F(1, 169)= 10,369; p<0,05; ω =0,227 namun tidak dimoderasi relevansi harga diri dengan perilaku merokok, b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t = 1,44; p = 0,153. Disimpulkan bahwa peringatan bahaya merokok kematian membuat sikap terhadap perilaku merokok menjadi lebih positif namun tidak dimoderasi oleh relevansi harga diri dengan perilaku merokok.

The objective of this study was to determine the effect of the death-related or self-esteem-related message content of the cigarettes on-pack warning to the attitudes toward smoking using the Terror Management Theory Health Model. If one’s self-esteem is relevant to his smoking behavior then his attitudes toward smoking will be more positive when given the death-related warnings and vice versa when given the self-esteem related warnings. The design of this study is 3 (type of the warnings: text vs picture vs text and picture) X 2 (message content: death vs selfesteem). Participants (N=175) were given cigarette packs with text or picture or text and picture warnings on them and then filled out the attitudes toward smoking measurement. The moderation effect of relevancy of self-esteem to smoking behaviour was measured using Smoking as Relevant to Self-esteem conducted by Hansen, et.al. (2010). Results show that participants on the death-related warnings have significantly higher score of attitudes toward smoking than selfesteem-related warnings, F(1, 169)= 10,369; p<0,05; ω =0,227, although it wasn’t moderated by the relevancy of the self-esteem to the smoking behavior b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t = 1,44; p = 0,153. In conclusion, death-related warnings make attitudes toward smoking be more positive but the relationship wasn’t moderated by the relevancy of the self-esteem to the smoking behaviour.

 File Digital: 1

Shelf
 S58341-Wada Anzilah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S58341
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 80 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58341 14-25-28414899 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402688
Cover