Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memacu pertumbuhan ekonomi, salah satu bidang yang terpengaruh adalah industri kreatif. Dalam penelitian ini dibahas Gantibaju.com sebagai salah satu industri kreatif yang bergantung pada komunitas. Gaban merupakan sebutan pada komunitas Gantibaju.com. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada Gantibaju.com dan observasi. Permasalahan penelitian ini adalah apa yang dilakukan Gantibaju.com dalam menjaga loyalitas komunitasnya(gaban). Teori yang digunakan adalah komunitas merek dan loyalitas merek. Hasilnya adalah komunikasi merupakan kunci utama untuk menjaga komunitas gaban baik secara online maupun offline (kopi darat). Faktor pendukung yang lain adalah kreativita stinggi , berani melakukan hal yang berbeda , hadiah yang diberikan, tema yang dilombakan, kualitas kaos dan gambar sablon, kegiatan yang melibatkan komunitas seperti bakti sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR), tampilan website, dan kebebasan bagi anggota komunitas untuk mengikuti kompetisi di tempat lain.