Penyakit infeksi dan malnutrisi yang terjadi pada anak merupakan hubungan yang saling timbal balik. Anak dapat mengalami masalah ketidakadekuatan nutrisi sehingga diperlukan konservasi agar anak dapat beradaptasi. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan gambaran asuhan keperawatan pada anak dengan menerapkan model konservasi Levine pada anak dengan infeksi yang mengalami ketidakadekuatan nutrisi. Asuhan keperawatan dilakukan melalui tahapan Levine yaitu pengkajian, merumuskan trophicognosis, merencanakan hipotesis, melaksanakan intervensi dan evaluasi respon organismik. Pembahasan dilakukan pada lima kasus, dengan hasil akhir menunjukkan bahwa anak mampu beradaptasi melalui konservasi terhadap perubahan yang terjadi namun evaluasi respon organismik berbeda tergantung pada kemampuan dan keparahan penyakit. Seorang perawat hendaknya memiliki kemampuan berpikir kritis dalam melaksanakan asuhan keperawatan.
Infectious diseases and malnutrition in children have a reciprocal relationship. Children may experience inadequate nutritional problems. Therefore, conservation in children is important in adaptation. The aim of this paper was to provide an overview of nursing care in children which applied Levine's model of conservation on children with infections who experienced inadequate nutrition. Focus of the discussion was on the use of Levine's theory in meeting the chjldren's nutritional needs. Nursing care was done through the stages of assessment, trophicognosis formulation, hypotheses plan, implementation and evaluation of the organismic responses. The final result showed that the children were able to adapt through the conservation, however the evaluation of organismic responses different among them, depend on the ability and the severity of the disease. Nurses' critical thinking skills are important in implementing nursing care.