ABSTRAKPada Konsultan X diketahui bahwa tidak ada expatriate yang
menggunakan e-Filing dalam pelaporan SPT PPh WPOP. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis evaluasi kebijakan e-Filing dalam pelaporan SPT Tahunan
PPh WPOP Asing pada Konsultan X dan menganalisis upaya Direktorat Jenderal
Pajak dalam peningkatan penggunanaan e-Filing untuk WPOP Asing. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan
teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa e-Filing untuk SPT PPh WPOP Asing tidak efektif pemanfaatannya pada
Konsultan X karena kurangnya sosialisasi dan kebijakan dari Konsultan X untuk
tidak menerapkan e-Filing pada klien Asing sebab terkendala oleh sistem e-Filing
yang tidak mendukung kebutuhan WPOP Asing. Untuk itu pihak DJP melakukan
upaya-upaya peningkatan penggunaan e-Filing melalui peraturan, sosialisasi dan
layanan kemudahan secara teknis.
ABSTRACTAt X Consultant no foreign or expatriate clients who use e-Filing of
Annual Income Tax returns reporting. The purpose of this study is to analyze the
evaluation of e-Filing policy in Annual Income Tax Return Reporting on
Foreigner or expatriate at Consultant X and analyze the efforts of the Directorate
General of Taxation to increase the usage of e-Filing for Foreigner. This research
is a descriptive qualitative approach research using in-depth interview. The results
showed that the e-Filing of Annual Income Tax Returns for Expatriate Tax Payer
ineffective utilization because the lack of socialization and policy from Consultant
X to not use the e-Filing system for expatriate client. That’s why, the Directorate
General of Taxation makes efforts to increase the using of e-Filing through
regulation, socialization and easy service technically.