Industri distribusi farmasi di Indonesia saat ini sedang berada dalam masa yang penuh dengan tantangan. Tantangan yang dirasakan antara lain berupa persaingan dengan kompetitor dalam memberikan distribution fee terendah kepadaprincipal, pemberian diskon tertinggi kepada pelanggan, berkurangnya jurnlah pemasok karena gelombang merger perusahaan-perusahaan besar farmasi global, berkurangnya jumlah pembelian pelanggan pada setiap transaksi demi efisiensi modal kerja, serta ancaman masuknya perusahaan distribusi farmasi asing. Sistem Informasi Strategis (strategic information systems atau SIS) adalah sistem yang mendukung atau membentuk strategi bersaing suatu perusahaan. SIS bertujuan untuk memberikan suatu sistem informasi yang selaras (aligned) dengan visi, misi, dan rencana kerja organisasi. Ciri terpenting dari suatu SIS adalah kemampuannya untuk memberikan surnbangan terhadap pencapaian sasaran strategis dan/atau kemampuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dari suatu organisasi secara signifikan. Dengan demikian SIS dapat digunakan sebagai alat untuk meraih keunggulan bersaing dengan para kompetitor, agar perusahaan tetap unggul didalam industrinya. Didukung oleh beberapa model analisis, kerangka kerja Strategic Planning for Information Systems (SP4/S) dari Edwin E. Tozer digunakan untuk menghasilkan usulan SIS bagi Perusahaan. Selanjutnya dengan metodologi Information Economics dari Marilyn Parker et al usulan SIS terse but dianalisis kelayakannya, untuk memastikan bahwa secara ekonomis usulan SIS tersebut dapat diimplementasikan.
Competition becomes tougher in some key areas of Indonesian pharmaceuticals distribution industry, such as the minimum distribution fee offered to principals, maximum discount released to customers, decreasing number of principals due to the merger wave amongst global pharma manufacturers, decreasing customers' purchasing amount for each transaction to utilize working capital more efficiently, and threats of foreign pharmaceuticals distribution companies to enter Indonesian market. Strategic Information System (SIS) is a system that supports or shapes a business unit's competitive strategy. SIS is aimed to deliver an information system that is aligned with organization's vision, mission, and business plans. The important characteristics of an SIS are the ability to contribute to the strategic goal achievements and/or its ability to significantly increase performance and productivity of an organization. Therefore an SIS could be utilized as a tool to gain a competitive advantage for a company to remain leading in its industry. Supported by several analytical models, the Strategic Planning for Information Systems (SP41S) framework from Edwin E. Tozer is utilized to distill an SIS initiative for the company. Furthermore, Information Economics methodology from Marylin Parker will be used to evaluate its economics feasibility to convince that the SIS initiative could be implemented based on economics rationale.