ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai peran pengelola perpustakaan di Perpustakaan Rimba
Baca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran pengelola berdasarkan
kompetensi dari ALSC (Association for Library Service to Children) yang meliputi
lima komponen yaitukompetensi pengetahuan mengenai kelompok pengguna,
pengembangan bahan dan koleksi, membuat program, administrasi dan manajemen,
dan advokasi, hubungan masyarakat, dan jaringan selain itu mengidentifikasi kendala
yang dihadapi oleh pengelola perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran
pengelola perpustakaan Rimba Baca telah memenuhi kompetensi pengetahuan
mengenai kelompok pengguna, pengembangan koleksi, dan membuat program.
Namun, masih mengalami kendala dalam kompetensi administrasi dan manajemen
yaitu kegiatan pengolahan dan sirkulasi dan kompetensi advokasi, hubungan dan
masyarakat.Untuk itu dibutuhkan pelatihan mengenai perpustakaan mengenai
administrasi dan manajemen serta advokasi, hubungan masyarakat, dan jaringan
perpustakaan untuk menambah kompetensi mereka dan secara aktif melakukan
kerjasama.
ABSTRACTThis under graduate thesis discusses the role of the Rimba Baca library management.
This study aims to describe the role of library management based on ALSC
(Association for Library Service to Children) competencies which are; knowledge of
client group; administrative and management skills; collection development;
programming skills and; advocacy, human relation and networking. This research is
qualitative research and use descriptive method. The results showed library
management of Rimba Baca Library had full filed; knowledge of client group;
collection development and; programming skills. However, there are still problems in
administrative and management skills ( processing and circulating) and advocacy,
human relation and networking. Therefore there is still a need library management
training to increase their competence about administrative and management skills and
advocacy, human relation and networking and management should actively to take
cooperation with other institution.