Tormala dkk. (2012) menemukan bahwa manusia memiliki preferensi terhadap potensi, artinya manusia cenderung menilai individu yang berpotensi lebih tinggi daripada individu yang berprestasi. Berbagai studi menunjukan bahwa preferensi manusia dapat berubah hanya karena keberadaan alternatif tambahan (pengecoh). Dalam penelitian ini, Asymmetric Dominance Effect (ADE) digunakan untuk menguji apakah pengecoh mempengaruhi preferensi terhadap potensi. Penelitian ini dilakukan dalam konteks investasi. Partisipan (n = 132) berperan sebagai investor yang dihadapkan pada beberapa pengusaha. Preferensi partisipan dilihat dari perbandingan penilaiannya terhadap pengusaha-pengusaha tersebut.
Desain penelitian ini adalah 2 (karakteristik pengusaha: berpotensi vs beprestasi) x 3 (kondisi: tanpa pengecoh vs dengan pengecoh potensi vs dengan pengecoh prestasi) mixed factorial design. Hasilnya, terdapat effect yang signifikan dengan size yang besar pada variabel karakteristik pengusaha, F(1,126) = 84,93, p < 0,05, r = 0,63. Pengusaha yang berpotensi (M = 18,7, SD = 1,34) dinilai lebih tinggi dibandingkan pengusaha yang berprestasi (M = 17,31, SD = 1,44). Selain itu, terdapat interaksi yang signifikan dengan effect size yang moderat pada karakteristik pengusaha dan kondisi ADE, F(2,126) = 6,130, p < 0,05, r = 0,3.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbedaan kondisi ADE dapat mempengaruhi penilaian yang didasarkan pada potensi dan prestasi individu, namun tidak sampai mengubah preferensi.
Tormala et al. (2012) found that people have preference for potential, means that people value individual with high potential more than individual with high achievement. Considerable amount of studies suggest that preference changes across different condition. In present research, Asymmetric Dominance Effect was used to test how condition affects preference for potential. We ran this experiment in investment context. Participants (n = 132) received a page of paper containing profile of some entrepreneurs. As investor, participants were asked to rate each of them. Design of this experiment is 2 (entrepreneur characteristic: high potential vs high achievement) x 3 (condition: without decoy vs with potential decoy vs with achievement decoy) mixed factorial design. We found significat effect on entrepreneur characteristic with large size effect, F(1,126) = 84.93, p < .05, r = .63. High potential entrepreneur (M = 18.7, SD = 1.34) were valued more than high achievement entrepreneur (M = 17.31, SD = 1.44). We also found significant interaction between entrepreneur characteristic and Asymmetric Dominance Effect condition, F(2,126) = 6.130, p < .05, r = .3. This result suggest that Asymmetric Dominated Alternative (decoy) affect how people value individual based on his or her potential and achievement, but does not change the preference for potential.