UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Hubungan antara burnout dan perceived school adjustment pada guru yang mengajar kelas 1 dan kelas 2 sekolah dasar inklusif = The correlation between burnout and perceived school adjustment among inclusive elementary school teachers who teach children in grade 1 and grade 2

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)
 Abstrak
[Adanya perubahan sistem pendidikan menjadi inklusif, menuntut guru untuk
mengajar siswa dengan berbagai kebutuhan. Perubahan tersebut memungkinkan
munculnya burnout karena kelebihan beban kerja, perubahan tugas guru, dan sarana dan
prasarana tidak mendukung. Bila kondisi ini dibiarkan maka akan mengganggu proses
school adjustment khususnya anak berkebutuhan khusus yang berada di kelas 1 dan
kelas 2 karena mereka membutuhkan hubungan yang baik dengan guru. Penelitian ini
hanya akan meminta guru memberikan penilaian terhadap kondisi burnout yang
dialaminya, maupun memberikan rating school adjustment terhadap anak berkebutuhan
khusus secara umum. penelitian ini melibatkan 46 responden guru sekolah dasar inklusif
di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Depok. Hasil yang didapat menunjukkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga dimensi burnout dengan
perceived school adjustment dengan nilai korelasi r= -0.296 hingga -0.388., Change in the education system to be inclusive, requires teacher to teach
students with various needs. The change are likely to lead burnout due to work
overload, changes in the teacher assignments, and then facilities and infrastructure does
not support. If this condition is left it will interfere with the process of school
adjustment children especially childen with special needs who are in grade 1 and grade
2 because they need a good relationship with teacher. This research only ask the teacher
gives an assessment of the conditions they experienced burnout, as well as providing
rating of school adjustment children with special need in general. This study involved
46 respondents inclusive primary school teacher in East Jakarta, South Jakarta, and
Depok. The result indicate t there is a significan relationship between three dimensions
of burnout with perceived school adjustment. Value of correlation two variabels are
0.296 to -0.388]
 File Digital: 1
Shelf
 S47015-Hubungan antara.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : S47015
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Naskah Ringkas : Download Naskah Ringkas
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : none
Tipe Konten : none
Tipe Media : none
Tipe Carrier : none
Deskripsi Fisik : xi, 66 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Catatan Bibliografi : hlm. 62-66
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S47015 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20347578