UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran Perkembangan Persepsi Visual pada Anak Dyslexia yang Bersekolah di Sekolah Sekolah Khusus

Felicia Irene; Sri Redatin Retno Pudjiati, supervisor; Mochamad Enoch Markum, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Dyslexia merupakan kesulitan belajar khusus daiam membaca. Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang penting untuk dikuasai, agar dapat berprestasi di sekolah. Namun kegiatan ini juga merupakan suatu proses yang kompleks, meialui tahap-tahap tertentu. Gangguan pada tabap terlentu akan dapat membuat seorang anak mengalami kesulitan dalam membaca. Gangguan ini dapat terjadi pada kemampuan persepsi visual, auditori-linguistik, maupun kombinasi dari keduanya. Gangguan persepsi visual merupakan gangguan tabap awal yang dapat segera dideteksi. Salah satu alatukur untuk mengukur kemampuan ini adalah Tes Bender Gestalt. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan persepsi visual seorang anak, yang tclab didiagnosa Dyslexia, yang terukur oleh Tes Bender Gestalt Berdasarkan babwa setelahbersekolah di sekolab khusus, anak akan mendapat berbagai remedial dan terapi untuk mengatasi kesulitannya, antara lain kesulitan persepsi visual, maka diasumsikan setelah bersekolah di SD Khusus akan terjadi peningkatan kemampuan persepsi visual. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya Skor tota) Tes Bender. Ternyata dari 3 subyek yang diteliti, hanya I subyek yang memperlihatkan peningkatan kemampuan persepsi visual, sedangkan 2 lainnya masih memperlihatkan kesulitan yang sama dengan hasil tes mereka l-1 % rabun yang lampau.

 File Digital: 1

Shelf
 T37960-Felicia Irene.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37960
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 68 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37960 15-25-15149880 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342705
Cover