ABSTRAKTesis ini bertujuan untuk melihat dampak ketimpangan pendidikan yang diukur
dengan koefisien gini pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketimpangan pendidikan Indonesia masih
tergolong ketimpangan rendah sepanjang tahun 2000-2010 karena nilai gini
pendidikannya selalu berada di bawah nilai 0,3. Melalui metode estimasi
Generalized Method of Moment terhadap data panel level provinsi di Indonesia,
diperoleh dampak negatif ketimpangan pendidikan terhadap pertumbuhan
ekonomi. Kenaikan 1 satuan gini pendidikan akan memperlambat pertumbuhan
ekonomi sebesar 0,204 persen secara signifikan. Oleh karena itu, ketimpangan
pendidikan patut menjadi perhatian pemerintah karena berpotensi dalam
menghambat pertumbuhan ekonomi.
ABSTRACTThis study aims to examine the impact of education inequality by measuring the
education gini coefficient on economic growth in Indonesia. The results showed
that the education inequality in Indonesia is still relatively low inequality during
2000-2010 for education gini value is always below 0.3. By estimation
Generalized Method of Moments to the provincial level panel data in Indonesia, it
shows a negative impact of education inequality on economic growth. When
education gini increase 1 unit, it will slow economic growth by 0.204 percent
significantly. Therefore, the education inequality should be the government's
attention for discouraging economic growth potentially.