ABSTRAKTesis ini membahas kohesi, koherensi, dan alur wacana argumentasi pada teks hasil
menulis berstimulus teks dan hasil menulis berstimulus nonteks yang dibuat oleh
mahasiswa semester VI Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sultan
Ageng Tirtayasa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memberikan perhatian
pada bentuk dan makna teks dengan menggunakan pendekatan analisis wacana. Hasil
penelitian ini menyarankan bahwa mahasiswa perlu diberi banyak latihan menulis
dalam berbagai jenis wacana dan dengan berbagai stimulus dan topik agar
kemampuan menulisnya meningkat.
Abstract This thesis deals specifically with cohesions, coherence and the flow of argumentation
discourse on a text resulted from a text-writing work and writing output stimulated by
nontext materials written by sixth semester student at Indonesians Language and
Literature Program at Sultan Ageng Tirtayasa University. This research is a qualitative
research which focuses on a form of texts and their meanings using a discourse analysis
approach. The result of this research suggests that college students need to be given a lot
of writing practices using various discourse stimuli and topics in order to improve their
writing ability.