ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perbedaan pengetahuan, sikap dan
ketrampilan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui
multimedia. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental pre test and post test
nonequivalent control group design dengan pengumpulan data secara non
probability sampling dengan metode consecutive sampling dan berjumlah 36
responden. Sampel penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak
leukemia yang sedang kemoterapi di RS Kanker Dharmais Jakarta. Tingkat
pengetahuan dan sikap terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan
ketrampilan tidak terdapat perbedaan yang signifikan Pendidikan kesehatan
sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan, sehingga dapat merubah perilaku orang
tua.
ABSTRACTThe objective of this research is to identify the difference of knowledge, attitude
and skills before and after the health education using multimedia. Quasiexperimental
pre test and post test nonequivalent control group design was used to
collect data by using non-probability sampling and consecutive sampling method
and total respondent is 36. The sample of this research is parents who has children
suffering from leukemia and is undergoing chemotherapy at Dharmais Cancer
Hospital Jakarta. There is a significant difference between level of knowledge and
attitude, whereas there?s no difference in skills. It is recommended that health
education be given continually in ordered to succeed in changing parents?
abilities