Skripsi ini membahas kegiatan pelelangan yang ada di Instalasi Layanan Pengadaan RSKD berdasarkan pendekatan sistem. Penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang didapatkan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan telaah dokumen. Hasil penelitian menyarankan untuk memberikan penyegaran dalam bentuk pelatihan dan seminar bagi panitia lelang, memberdayakan staf yang ada untuk mengisi kekurangan pada anggota kelompok kerja (pokja), membuat standarisasi dokumen pengadaan, membuat pemahaman yang tepat terhadap isi kontrak, membuat peraturan secara jelas,tegas dan mengikat terkait dengan persyaratan pengajuan surat sanggah, membuat sistem E-Procurement, dan berkontribusi secara proaktif bagi APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah).
This thesis discusses the activities of existing auctions in procurement RSKD Installations based approach of this research is descriptive system through a qualitative approach that obtained with the method of observation, in-depth interviews and document review research results suggested giving training and refreshment in the form of seminars for auction committee, empower existing staff to fill the shortage in member working group (working group), making standardization of procurement documents, create of proper understanding of the content of the contract, make the rules clear, precise, bound by proactively for APIP.