UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Tinjauan terhadap gaya kepemimpinan berdasarkan consideration dan initiating structure dan komitmen bawahan terhadap organisasi

Yurifa; B.K. Indarwahyanti Graito, supervisor; Lembana Jogapranata Soemitro, supervisor (Universitas Indonesia, 1996)
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kelompok karyawan yang memiliki komitmen tinggi terhadap organisasi dan kelompok karyawan yang memiliki komitmen rendah terhadap organisasi pada setiap gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan atasan yang digunakan berdasarkan kombinasi dimensi Consideration dan Initiating Structure, sehingga ada 4 gaya kepemimpinan atasan, yaitu Consideration tinggi dan Initiating Structure tinggi, Consideration tinggi dan Initiating Structure rendah, Consideration rendah dan Initiating Structure tinggi, serta Consideration rendah dan Initiating Structure rendah.

Subyek penelitian berjumlah 155 orang dan bekerja di beberapa unit kerja perusahaan 'X?. Pengukuran menggunakan skala sikap model Likert dengan Skala 1-6. Teknik analisa yang dipakai adalah tes t pada taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keempat gaya kepemimpinan atasan tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok subyek yang memiliki komitmen tinggi dengan kelompok yang memiliki komitmen rendah terhadap organisasi. Pada gaya kepemimpinan atasan Consideration tinggi dan Initiating Structure tinggi, tampaknya ada kecenderungan untuk memiliki bawahan dengan komitmen tinggi. Sementara pada gaya kepemimpinan atasan Consideration rendah dan Initiating Structure rendah, tampak ada kecenderungan memiliki bawahan yang mempunyai komitmen rendah. Pada dua gaya kepemimpinan lain, persentase kelompok subyek yang memiliki komitmen tinggi hampir sama dengan persentase kelompok subyek yang memiliki komitmen organisasi rendah.

Faktor yang dapat menentukan peranan komitmen terhadap organisasi adalah gender, tingkat pendidikan dan status perkawinan. Untuk membuktikan hal tersebut, tampak perlu penelitian tambahan, disarankan agar jumlah subyek penelitian lebih besar, subyek penelitian yang homogen serta mempertajam faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi, atau penelitian terpusat pada satu organisasi (perusahaan), pada 1 bidang pekerjaan, atau membandingkan dua organisasi yang berbeda.
 File Digital: 1
Shelf
 S2938-Yurifa.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : S2938
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1996
Program Studi :
Naskah Ringkas :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 83 pages ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 80-83
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2938 14-19-808221370 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287089