Sejalan dengan perkembangan pembangunan di Indonesia, maka kebutuhan akan jasa telekomunikasi dewasa ini semakin meningkat pula. Hal ini di alami juga oleh kota Administratif Depok, khususnya sebagai kota pemukiman dengan jumlah penduduk sekarang _ 600.000 orang (356.126 orang teregistrasi), dan pembangunan akan perumahan akan semakin meningkat pula. Sentral telepon Depok I yang melayani wilayah Kecamatan Beji dan Kecamatan Pancoran Mas telah dioperasikan sejak tahun 1986, dan ketika itu jumlah penduduk kotif Depok _ 250.000 orang. Bila diasumsikan satu rumah ditempati 5 orang dan satu rumah mempunyai 1 (satu) telepon dengan metoda titik berat jaringan, ternyata letak sentral telepon Depok I bergeser dad tempat semula. Sedangkan jumlah sentral perlu ditambah karena sentral yang sekarang tidak mungkin mampu melayani, bila pelanggan mempunyai nomor 4 (empat) digit dari 7 (tujuh) digit yang tersedia ( 3 digit untuk kode sentral).