UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Perencanaan sumur bor artesis dengan pompa submersible di Pasar Baru Cikarang

Abdul Azis HN; Bambang Suryawan, supervisor (, 2000)
 Abstrak
ABSTRAK

Pelayanan kepada masyarakat harus diperhatikan dengan baik oleh pemerintah daerah kabupalen Bekasi mengingat, seluruh Iapisan masyarakat sangat membutuhkan pelayananan dari pemerintah daerah. Sarana-sarana umum yang berada di bawah wewenang pemerintah daerah, seperti pasar, terminal bis, stasiun kereta dan sarana umum yang lainnya, menjadi prioritas yang harus diperhatikan dengan baik.



Pasar baru Cikarang merupakan pasar kabupaten Bekasi yang memberikan konstribusi keuangan bagi pendapatan asli daerah. Pada peristiwa kerusuhan Mei 1998, pasar tersebut dibakar dan semua fasilitas yang ada hancur total termasuk sumur untnk mensuplai air bagi pedagang dan pengunjung, hal ini tennmya sangat merugikan bagi seluruh mmyarakat yang membutuhkan.



Pada renovasi pasar baru Cikarang, pembuatan sumur bor artesis menjadi salah satu yang diprioritaskan. Dan untuk itu diperlukan pompa sumur dalam (deep well ), maka diperlukan suatu survei data dan perhitungan perancangan kapasitas air yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan para pedagang ikan, sayur-mayur, warung makan, kamar mandi umum, tempat ibadah dan lain-lain. Pemilihan pompa yang sesuai dengan kapasitas debit air yang diperlukan 62,5 m/jam, kedalaman sumur bor artesis 120 meter.



Pengeboran sumur bor artesis di pasar baru Cikarang dilakukan pemasangan pompa submersible pada kedalaman 65 meter, dan dari hasil perhitungan pada perancangan ini., diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air bagi para pedagang dan pengunjung pasar tersebut. Dan diharapkan bahwa keberadaan sumur bor artesis ini tidak mengganggu sumur-sumur air tanah masyarakat yang berada di sekitar pasar baru Cikarang.

 File Digital: 1
Shelf
 S-Abdul Aziz HN.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : S37649
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Program Studi :
Naskah Ringkas :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 39 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Catatan Bibliografi : Pages 39
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37649 14-19-027371391 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20241241