UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Cost Management dan Shareholder's Value Creation : Suatu Tinjauan Teori/Kepustakaan

Pulungan, Siti Arimbi; Setio Anggoro Dewo, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Penetapan tujuan utama perusahaan yang tepat merupakan suatu yang mutlak dilakukan oleh perusahaan. Ketidakjelasan tujuan perusahaan menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan sehingga dapat merugikan para pemegang saham. Dewasa ini, fenomena yang terjadi menunjukkan kesadaran perusahaan-perusahaan akan pentingnya menciptakan nilai bagi pemegang saham. Namun permasalahan tidak berhenti sampai disitu, masalah utama yang sering dijumpai oleh perusahaan-perusahaan tersebut adalah ketidakmengertian pihak manajemen atas prinsip-prinsip penciptaan nilai. Berkenaan dengan hal tersebut, penulisan skripsi ini ditujukan untuk melihat dampak positif daripada cost management terhadap shareholder's value creation yang dilakukan melalui studi kepustakaan dimana penulis menggali teori dan materi dengan membaca buku, artikel, dan makalah yang erat kaitannya dengan kedua topik tersebut dan berusaha menemukan benang merah antara keduanya. Dan, hasil penelitian studi kepustakaan yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa cost management memberikan dampak positif terhadap penciptaan nilai bagi pemegang saham melalui penurunan risiko bisnis perusahaan. Efisiensi dan efektivitas kerja yang tinggi dan proses produksi yang didukung koordinasi yang baik antar kegiatan yang terkait, akan menaikkan tingkat keamanan proses produksi, seperti perbaikan kualitas dan penurunan biaya produk. Perbaikan menyebabkan naiknya nilai produk di mata pelanggan, sehingga mengurangi ketidakpastian permintaan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan penjualan. Proses penurunan biaya dan stabilnya permintaan pelanggan memberikan dampak positif pada laba dan arus kas. Kesimpulan umum dari penelitian irti menunjukkan bahwa eratnya hubungan antara cost management dan shareholder's value creation yang secara langsung maupun tidak langsung dihubungkan oleh tujuh faktor pendorong penciptaan nilai (value drivers). Perlu diketahui bahwa keuntungan-keuntungan yang diberikan oleh cost management tidaklah selalu dapat diukur secara finansial, melainkan juga secara nonfinansial. Oleh karenanya, sistem pengukuran yang dibutuhkan haruslah memenuhi keduanya, contohnya adalah balance scorecard.

 File Digital: 1

Shelf
 S19160-Siti Arimbi Pulungan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S19160
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 161 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S19160 14-19-641636967 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184730
Cover