UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Media cetak di Belanda : sebuah kajian pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf mengenai pilihan kata, makna kata, serta hubungan antara keduanya

Kurniawan Adikusuma; Eliza Gustinelly, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006)
 Abstrak
Dalam jurnalistik, seorang jurnalis harus mengetahui pemakaian kata yang tepat untuk membuat sebuah berita dan dalam hal ini diksi memegang peran penting untuk membuat berita yang baik. Selain itu, makna kata konotatif dan denotatif juga memiliki peran untuk menentukan nilai diksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan diksi yang sensasional dan tidak sensasional pada surat kabar NRC Handelsblad dan De Telegraaf. Tujuan selanjutnya adalah meneliti surat kabar yang paling sering menggunakan makna konotatif dan denotatif dan mencari hubungan antara diksi dan makna kata.
Hasilnya menunjukkan bahwa De Telegraaf memiliki 64,71 % diksi sensasional dan 60 % diksi yang bermakna konotatif. Sementara itu, NRC Handelsblad memiliki diksi tidak sensasional sebanyak 64,71 % dan diksi yang bermakna denotatif sebanyak 60 %. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak semua makna konotatif berhubungan dengan kesan sensasional karena ada juga makna konotatif namun tidak memiliki kesan sensasional. Makna denotatif juga tidak selalu berhubungan dengan kesan tidak sensasional karena ada juga makna denotatif namun memiliki kesan sensasional.
 File Digital: 1
Shelf
 RB14A89m-Media cetak.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : S15902
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 65 lembar : ill. ; 28 cm.
Catatan Bibliografi : Lembar : 63-64
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15902 14-22-34683985 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159830