Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran harapan ibu terhadap masa depan anaknya yang tunaganda-netra. Kompleksnya permasalahan yang dimiliki oleh anak tunaganda dalam menjalani kehidupan sehari-harinya dan harapan orang tua akan masa depan yang lebih baik pada anaknya yang tunaganda (terutama dalam hal pendidikan lanjutan, lapangan pekerjaan, kemandirian dan partisipasi anak dalam masyarakat, dan kualitas hidup anak kelak) merupakan alasan peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Pengambilan data menggunakan metode wawancara mendalam, dengan menggunakan pedoman umum. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah ibu dari anak tunaganda-netra berklasifikasi mampu didik. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan sampel berdasarkan teori, yaitu orang tua dan tunaganda secara umum. Subjek berjumlah dua orang.
Hasil dari penelitian ini adalah bentuk harapan utama kedua subjek berbeda-beda, ada yang mempunyai harapan akan pendidikan lanjutan anaknya, ada juga yang mempunyai harapan akan kemandirian anaknya. Kedua subjek memiliki goal yang positif dan memiliki keinginan untuk meningkatkan goal yang sudah ada karena menganggap goal yang ada sudah tercapai. Keduanya sama-sama berpola campuran, mempunyai pathway yang lebih lemah daripada agency-nya. Barrier yang dirasakan masing-masing subjek adalah hambatan yang berasal dari dalam dirinya sendiri dan hambatan yang berasal dari luar.
The aim of this study to give description about mother's hope on the future of their MDVI child. Children with MDVI are having a complex problem on their daily live and parent's hope for a better future of their children specially on their child's postsecondary education, vocation, independent living and community participation, and overall quality of life. Based on these problems, this study focused on how mother's hope on the future of their multiple disabilities children. This case study is based on qualitative method, using semi-structured interview. Subject in this study is mother whose having multiple disabilities child with light to moderate diagnose of MDVI. Two subjects is interviewed in this study, whose based on theoritical criteria about parents and about multiple disabilities.
The results of this study are: the first subject emphasize hope on postsecondary education of her child and having external barrier, while the second subject emphasize hope on the independent living of her child and having internal barrier. Both subjects are share the same view about positive goal, which they have, and trying to increase the goal, because they've already gain their original goal. Both subjects also have mixed pattern, which their pathways is weaker than their agency.