Regulasi (#2)

Regulasi (#2)

PEDOMAN KEBIJAKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA

Layanan pengguna di Perpustakaan UI terbagi dalam 2 kelompok, yakni 'Layanan Sirkulasi' dan 'Layanan Rujukan'.

I. LAYANAN SIRKULASI

Kebijakan Umum Layanan Sirkulasi Perpustakaan UI adalah sebagai berikut:

    1. Jam buka Layanan Perpustakaan UI:
      • Senin - Jum’at : pukul 08.00 - 19.00 WIB
        - Layanan Lantai 4 : pukul 08.00 - 16.00 WIB
        - Ruang Komputer : pukul 08.00 - 21.00 WIB
      • Sabtu : pukul 08.00 - 16.00 WIB
      • Minggu, Libur Nasional, dan Cuti Bersama : TUTUP
    2. Perpustakaan Universitas Indonesia menerapkan sistem Layanan Terbuka (Open Access) untuk Koleksi Buku Teks, UIANA (Tugas Akhir Siva UI), Jurnal Ilmiah, dan Koleksi Rujukan sedangkan untuk Koleksi Naskah menggunakan sistem Layanan Tertutup (Closed Access).
    3. Layanan Sirkulasi Bagian Peminjaman Buku ada di Lantai 2 sedangkan Pengembalian Buku di Lantai 1.
    4. Peminjaman buku hanya diberikan kepada Sivitas Akademika UI yang telah terdaftar sebagai anggota perpustakaan dengan syarat menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau Kartu Pegawai.
    5. Jumlah buku yang dipinjam berdasarkan kelompok adalah sbb:
      • Sivitas Akademika UI : 10 eksemplar
      • Tenaga pendidik         : 5 eksemplar
    6. Lama peminjaman buku adalah 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang 2 x 2 minggu. Perpanjangan masa pinjam dapat dilakukan secara langsung di counter Sirkulasi atau email ke cirdesk.lib@ui.ac.id dengan subjek "Perpanjangan Masa Pinjam Buku", cantumkan NPM serta NAMA LENGKAP pada isi email. Perpanjangan masa pinjam buku melalui email hanya dapat dilayani pada jam kerja (Senin - Jumat, 08.00-16.00 WIB), dan belum melewati jatuh tempo pengembalian.
    7. Segala bentuk layanan peminjaman dan fasilitas yang diberikan kepada Sivitas Akademika UI adalah gratis (free), tetapi jika Pemustaka terlambat mengembalikan buku maka dikenakan sanksi denda Rp1.000,- (seribu rupiah) per hari per buku.
    8. Pengguna tidak diperkenankan melakukan transaksi peminjaman buku menggunakan KTM orang lain. Segala bentuk resiko yang ditimbulkan dengan menggunakan KTM orang lain menjadi tanggung jawab pemilik KTM.
    9. Jika buku yang dipinjam hilang maka Pemustaka wajib mengganti judul buku sesuai dengan judul aslinya dan edisi terbaru. Apabila buku aslinya tidak tersedia/tidak diterbitkan, dapat diganti dengan buku pengganti dengan subyek yang sama (atas persetujuan pustakawan). Alternatif terakhir adalah mengganti biaya pembelian buku tersebut sesuai dengan harga terbaru.
    10. Surat Keterangan Bebas Pustaka akan diberikan apabila Pemustaka tidak memiliki tunggakan pinjaman buku dan denda. Pemustaka yang menghilangkan Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka dikenakan sanksi denda Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah).
    11. Masa aktif keanggotaan :
      • Vokasi    : 3 tahun
      • S1         : 4 tahun
      • Ekstensi : 2 tahun
      • S2         : 2 tahun
      • S3         : 3 tahun
      • Peneliti tamu, dosen tamu sesuai dengan masa penugasan (surat keterangan)
      • Dosen dan staf tetap UI – 5 tahun (dapat diperpanjang)
    12. Jika sampai pada masa aktif tersebut, mahasiswa belum lulus, masa aktif keanggotaan dapat diperpanjang dengan menunjukkan bukti pembayaran SPP.
    13. Pemustaka Non UI dan Alumni dikenakan biaya kunjungan sebesar Rp. 5.000,- per orang per hari sedangkan biaya kunjungan untuk pelajar (menunjukkan Kartu Pelajar yang masih aktif) dikenakan biaya Rp. 2.000,- per orang per hari.
    14. Pemustaka tidak diperkenankan membawa tas ke ruang koleksi. Tas harap dititipkan di Layanan Penitipan Tas di Lantai 1. Gunakan tas transparan untuk menyimpan Laptop dan barang berharga lainnya. Tas transparan dapat dipinjam di Petugas Loker Lantai 1.
    15. Pemustaka yang menghilangkan kunci Loker dikenakan sanksi denda Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah). Merusak Kunci Loker dikenakan sanksi denda Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah).
    16. Segala bentuk kehilangan barang di Loker bukan menjadi tanggung jawab Perpustakaan UI.
    17. Di ruang koleksi tidak diperkenankan makan dan minum.

II. LAYANAN RUJUKAN

Layanan Rujukan adalah kegiatan untuk membantu Pemustaka (Pengguna) menelusur informasi dalam berbagai subjek.

Tujuan Layanan Rujukan:

  1. Membantu pemustaka (Siva UI dan non UI) dalam mendapatkan informasi untuk penelitian, pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian masyarakat.
  2. Mengenalkan fasilitas, layanan dan jenis-jenis koleksi Perpustakaan UI.
  3. Mengenalkan sumber-sumber informasi di dalam dan luar UI.
  4. Memberikan kemudahan bagi Pemustaka dalam mengakses sumber informasi.
  5. Memanfaatkan secara maksimal sumber-sumber informasi baik dalam bentuk tercetak maupun elektronik.
  6. Membantu pemustaka dalam mencari informasi secara efektif dan efisien.

Kebijakan umum Layanan Rujukan Perpustakaan UI adalah sebagai berikut:

  1. Layanan rujukan melayani Pemustaka baik Siva UI maupun Luar UI
  2. Pemustaka Siva UI tidak dikenakan biaya (free)
  3. Pemustaka dari Luar UI yang meminta dicarikan artikelnya dikenakan biaya Rp. 15.000 (Lima belas ribu rupiah) per artikel. Jika Pemustaka Luar UI yang ingin mengakses sendiri sumber-sumber informasi yang dimiliki Perpustakaan UI dikenakan biaya penelusuran Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah) per jam.

Permohonan akan Layanan Rujukan dapat menghubungi: refdesk.lib@ui.ac.id