Universitas Indonesia Library
The Crystal of Knowledge
 Regulations (#2)

PEDOMAN KEBIJAKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA

Layanan pengguna di Perpustakaan UI terbagi dalam 2 kelompok, yakni 'Layanan Sirkulasi' dan 'Layanan Rujukan'.

I. LAYANAN SIRKULASI

Kebijakan Umum Layanan Sirkulasi Perpustakaan UI adalah sebagai berikut:

    1. Jam buka Layanan Perpustakaan UI:
      • Senin - Jum’at : pukul 08.30 - 19.00 WIB
      • Sabtu : pukul 08.30 - 16.00 WIB

      Layanan Perpustakaan UI DITUTUP pada hari Minggu, libur Nasional, cuti bersama, atau jika ada kegiatan yang melibatkan seluruh staf perpustakaan (misalnya: workshop, outbound, stock opname, dll.)

    2. Perpustakaan Universitas Indonesia menerapkan sistem Layanan Terbuka (Open Access) untuk koleksi Buku Teks, Terbitan Berseri, Koleksi Rujukan dan Koleksi Tugas Akhir. Sedangkan untuk koleksi Naskah menggunakan sistem Layanan Tertutup (Closed Access).
    3. Layanan Sirkulasi Bagian Peminjaman Buku ada di Lantai 2 sedangkan Pengembalian Buku di Lantai Dasar.
    4. Peminjaman buku hanya diberikan kepada Sivitas Akademika UI yang telah terdaftar sebagai anggota perpustakaan (dengan syarat menunjukkan KTM atau Kartu Pegawai atau Surat Keterangan).
    5. Bagi mahasiswa yang memiliki status ganda, misanya sebagai mahasiswa dan dosen atau mahasiswa dan staf, yang bersangkutan  harus memilih salah satu status untuk menjadi anggota Perpustakaan UI.
    6. Jumlah buku yang dipinjam berdasarkan kelompok adalah sbb:
      • Program Vokasi, S1, S2, S3, dan dosen : 10 eksemplar
      • Tenaga kependidikan : 5 eksemplar
    7. Lama peminjaman buku adalah 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang 2 x 2 minggu. Dengan catatan tidak ada pemustaka lain yang membutuhkan buku tersebut. Perpanjangan masa pinjam dapat dilakukan secara langsung di counter Sirkulasi, atau email ke cirdesk.lib@ui.ac.id. Perpanjangan masa pinjam buku melalui email hanya dapat dilayani jika belum melewati jatuh tempo pengembalian.
    8. Segala bentuk layanan peminjaman dan fasilitas yang diberikan kepada Sivitas Akademika UI adalah gratis (free) namun jika Pemustaka terlambat mengembalikan buku maka dikenakan sanksi denda Rp1.000,- (seribu rupiah) per hari per buku. Tidak ada keringanan terhadap sanksi denda. Perpustakaan UI hanya memberikan keringanan pembayaran denda dengan cara diangsur.
    9. Pengguna tidak diperkenankan melakukan transaksi peminjaman buku menggunakan KTM orang lain. Segala bentuk resiko yang ditimbulkan dengan menggunakan KTM orang lain menjadi tanggungjawab pemilik KTM.
    10. Jika buku yang dipinjam hilang maka Pemustaka wajib mengganti judul buku sesuai dengan judul aslinya dan edisi terbaru. Apabila buku aslinya tidak tersedia/tidak diterbitkan, dapat diganti dengan buku pengganti dengan subyek yang sama (atas persetujuan pustakawan). Alternatif terakhir adalah mengganti biaya pembelian buku tersebut sesuai dengan harga terbaru.
    11. Surat Keterangan Bebas Pustaka akan diberikan apabila Pemustaka tidak memiliki tunggakan pinjaman buku dan denda. Pemustaka yang menghilangkan Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka dikenakan sanksi denda Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah).
    12. Masa aktif keanggotaan :
      • Vokasi : 3 tahun
      • S1 : 4 tahun
      • Ekstensi : 2 tahun
      • S2 : 2 tahun
      • S3 : 3 tahun
      • Peneliti tamu, dosen tamu sesuai dengan masa penugasan (surat keterangan)
      • Dosen dan staf tetap UI – 5 tahun (dapat diperpanjang)

Jika sampai pada masa aktif tersebut, mahasiswa belum lulus, masa aktif keanggotaan dapat diperpanjang dengan menunjukkan bukti pembayaran SPP.

  1. Pemustaka Non UI dan Alumni dikenakan biaya kunjungan sebesar Rp. 5.000,- per orang per hari. Sedangkan biaya kunjungan untuk pelajar (menunjukkan Kartu Pelajar atau menggunakan seragam sekolah) dikenakan biaya Rp. 2.500,- per orang per hari.
  2. Pemustaka tidak diperkenankan membawa tas ke ruang koleksi. Tas harap dititipkan di Layanan Penitipan Tas di Lantai Dasar. Gunakan tas transparan untuk menyimpan Laptop dan barang berharga lainnya. Tas transparan dapat dipinjam di Petugas Locker Lantai Dasar.
  3. Pemustaka yang menghilangkan kunci Locker dikenakan sanksi denda Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah). Merusak Kunci Locker dikenakan sanksi denda Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah).
  4. Segala bentuk kehilangan barang di Locker bukan menjadi tanggung jawab Perpustakaan UI.
  5. Di ruang koleksi tidak diperkenankan makan dan minum.

II. LAYANAN RUJUKAN

Layanan Rujukan adalah kegiatan untuk membantu Pemustaka (Pengguna) menelusur informasi dalam berbagai subjek.

Tujuan Layanan Rujukan:

  1. Membantu pemustaka (Civa UI dan non UI) dalam mendapatkan informasi untuk penelitian, pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian masyarakat.
  2. Mengenalkan fasilitas, layanan dan jenis-jenis koleksi Perpustakaan UI.
  3. Mengenalkan sumber-sumber informasi di dalam dan luar UI.
  4. Memberikan kemudahan bagi Pemustaka dalam mengakses sumber informasi.
  5. Memanfaatkan secara maksimal sumber-sumber informasi baik dalam bentuk tercetak maupun elektronik.
  6. Membantu pemustaka dalam mencari informasi secara efektif dan efisien.

Kebijakan umum Layanan Rujukan Perpustakaan UI adalah sebagai berikut:

  1. Layanan rujukan melayani Pemustaka baik Civa UI maupun Luar UI
  2. Pemustaka Civa UI tidak dikenakan biaya (free)
  3. Pemustaka dari Luar UI yang meminta dicarikan artikelnya dikenakan biaya Rp. 15.000 (Lima belas ribu rupiah) per artikel. Jika Pemustaka Luar UI yang ingin mengakses sendiri sumber-sumber informasi yang dimiliki Perpustakaan UI dikenakan biaya penelusuran Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah) per jam.

Permohonan akan Layanan Rujukan dapat menghubungi: refdesk.lib@ui.ac.id

, || User : Universitas Indonesia Library || Best view with  Firefox