UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir

Pembuatan film pendek "(I)NSTAGRAM = "(I)NSTAGRAM" short film making

Nomor Panggil TA-Pdf
Pengarang
Pengarang/kontributor lain
Subjek
Penerbitan Depok: Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2018
Program Studi
Kata Kunci media sosial · komunikasi · instagram · film pendek ·
 Info Lainnya
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text (rdacontent)
Tipe Media computer (rdamedia)
Tipe Carrier online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik xiii, 98 pages : illustration ; 28 cm + Appendix
Naskah Ringkas
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1 (Membership)
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
  • Tampilan MARC
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-19-669936011 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20482350
ABSTRAK
BAGIAN SATU Analisis Situasi

Kemunculan teknologi berbasis internet menyebabkan perubahan media dari analog menjadi digital dan memunculkan media baru berupa media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial cukup popular digunakan oleh digital native. Berdasarkan hasil riset, Instagram memiliki keterikatan yang cukup kuat terhadap penggunanya sehingga dapat mengakibatkan ketergantungan. Oleh karena itu, penulis membuat film pendek mengenai penggunaan media sosial Instagram dan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan kedepannya.

BAGIAN DUA Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype Film Pendek

Film pendek ini memiliki manfaat dalam menjadi media edukasi dan literasi media mengenai penggunaan Instagram. Film pendek ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan melalui medium audio-visual mengenai penyalahgunaan media sosial Instagram sebagai dampak dari ketergantungan.

BAGIAN TIGA Prototype Film Pendek yang Dikembangkan

Film pendek ini menceritakan seseorang yang mulanya tidak menggunakan Instagram, hingga pada suatu waktu, ia memutuskan untuk menggunakan Instagram dan berakibat pada ketergantungan. Film pendek akan berdurasi 10-15 menit dan diunggah ke Youtube dan UI Film Festival sebagai media tayang.

BAGIAN EMPAT Evaluasi

Penulis menggunakan metode kuisioner online sebagai riset kebutuhan, screening film sebagai media pre-test, dan Youtube Analythics dan Focus Group Discussion sebagai media evaluasi.

BAGIAN LIMA Anggaran

Anggaran pembuatan prototipe film pendek ini adalah sebesar Rp700.000,00. Jika film pendek ini diproduksi secara professional akan menghabiskan anggaran sebesar Rp23.375.000,00. Prakiraan pendapatan yang didapatkan melalui sebesar Rp43.069.500,00. Total pendapatan bersih yang didapat sebesar Rp19.694.500,00

ABSTRACT
PART ONE Situation Analysis

The emergence of internet-based technology has caused the media to change from analog to digital and bring the new media such as social media. Instagram is one of the most popular social media used by digital native. Based on research, Instagram has a strong enough attachment to its users so that it can cause dependency. Therefore, the author made a short film about the use of Instagram social media and the negative effects that might be caused in the future.

PART TWO Development of Benefits and Purposes of Short Film Prototype

This short film has the benefit of being a media for education and media literacy regarding the use of Instagram. This short film also aims to convey a message through an audio-visual medium regarding the misuse of Instagram as a result of dependency.

PART THREE Short Film Prototype that have been developed.

This short movie tells a story about a person that doesn't use Instagram at the very first beginning, until one moment, she decided to use Instagram and caused herself to had a strong dependency of it. This short film will be 10-15 long, and will be uploaded into Youtube and UI Film Festival as broadcasting media platform.

PART FOUR Evaluation

Writer uses online questionnaire method to fulfill research needs, film screening as pre-test media, and Youtube Analytics and focus group discussion as medium of evaluation.

PART FIVE Budget

Expenses budget in making this short film prototype is Rp 700.000,00. If professionally produced, this film will expend Rp 23.375.000,00. Income forecast approximation is around Rp 43.069.500,00. Income total that will be achieved is around Rp 19.694.500
004
020
022
040LibUI ind rda
041ind
049[16-19-669936011]
053[16-19-669936011]
082
090TA-Pdf
100Riski Anita, author
110
111
240
245|a Pembuatan film pendek "(I)NSTAGRAM = "(I)NSTAGRAM" short film making |c
246
250
260
260|a Depok |b Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |c 2018
270
300xiii, 98 pages : illustration ; 28 cm + Appendix
310
321
336text (rdacontent)
337computer (rdamedia)
338online resource (rdacarrier)
340
362
490
500
502Karya Akhir
504pages 39-41
515
520ABSTRAK
BAGIAN SATU Analisis Situasi

Kemunculan teknologi berbasis internet menyebabkan perubahan media dari analog menjadi digital dan memunculkan media baru berupa media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial cukup popular digunakan oleh digital native. Berdasarkan hasil riset, Instagram memiliki keterikatan yang cukup kuat terhadap penggunanya sehingga dapat mengakibatkan ketergantungan. Oleh karena itu, penulis membuat film pendek mengenai penggunaan media sosial Instagram dan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan kedepannya.

BAGIAN DUA Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype Film Pendek

Film pendek ini memiliki manfaat dalam menjadi media edukasi dan literasi media mengenai penggunaan Instagram. Film pendek ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan melalui medium audio-visual mengenai penyalahgunaan media sosial Instagram sebagai dampak dari ketergantungan.

BAGIAN TIGA Prototype Film Pendek yang Dikembangkan

Film pendek ini menceritakan seseorang yang mulanya tidak menggunakan Instagram, hingga pada suatu waktu, ia memutuskan untuk menggunakan Instagram dan berakibat pada ketergantungan. Film pendek akan berdurasi 10-15 menit dan diunggah ke Youtube dan UI Film Festival sebagai media tayang.

BAGIAN EMPAT Evaluasi

Penulis menggunakan metode kuisioner online sebagai riset kebutuhan, screening film sebagai media pre-test, dan Youtube Analythics dan Focus Group Discussion sebagai media evaluasi.

BAGIAN LIMA Anggaran

Anggaran pembuatan prototipe film pendek ini adalah sebesar Rp700.000,00. Jika film pendek ini diproduksi secara professional akan menghabiskan anggaran sebesar Rp23.375.000,00. Prakiraan pendapatan yang didapatkan melalui sebesar Rp43.069.500,00. Total pendapatan bersih yang didapat sebesar Rp19.694.500,00
ABSTRACT
PART ONE Situation Analysis

The emergence of internet-based technology has caused the media to change from analog to digital and bring the new media such as social media. Instagram is one of the most popular social media used by digital native. Based on research, Instagram has a strong enough attachment to its users so that it can cause dependency. Therefore, the author made a short film about the use of Instagram social media and the negative effects that might be caused in the future.

PART TWO Development of Benefits and Purposes of Short Film Prototype

This short film has the benefit of being a media for education and media literacy regarding the use of Instagram. This short film also aims to convey a message through an audio-visual medium regarding the misuse of Instagram as a result of dependency.

PART THREE Short Film Prototype that have been developed.

This short movie tells a story about a person that doesn't use Instagram at the very first beginning, until one moment, she decided to use Instagram and caused herself to had a strong dependency of it. This short film will be 10-15 long, and will be uploaded into Youtube and UI Film Festival as broadcasting media platform.

PART FOUR Evaluation

Writer uses online questionnaire method to fulfill research needs, film screening as pre-test media, and Youtube Analytics and focus group discussion as medium of evaluation.

PART FIVE Budget

Expenses budget in making this short film prototype is Rp 700.000,00. If professionally produced, this film will expend Rp 23.375.000,00. Income forecast approximation is around Rp 43.069.500,00. Income total that will be achieved is around Rp 19.694.500
533
534
536
546Bahasa Indonesia
590Unggah UI-ANA-11
650Communication.; Internet videos.
653media sosial; komunikasi; instagram; film pendek
700Sarumpaet, Sam, supervisor; Anis Ilahi Wahdati, examiner; Hendriyani, examiner
710Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
711
850Universitas Indonesia
852Perpustakaan UI, Lantai 3
856http://lib.ui.ac.id/unggah/system/files/node/2018/1/riski.anita/riski_anita-karya_akhir-unknown-full_text-.pdf
866
900
902
903[]