Universitas Indonesia Library
The Crystal of Knowledge
 Collection Type : Artikel Jurnal
Title Efek iklan televisi program Keluarga Berencana
Call Number MK-Pdf
Main Entry-Personal Name
Added Entry-Personal Name
Keyword
Subject
Publisher
Year

ISBN/ISSNnonenone
Physical Descriptionnone
Serial Notes none
General Notesnone
Locationnone
VolumeVol. 8 No. 1, Juli 2016, Hal 1 - 106
Electronic Access
Holding Institution Universitas Indonesia
Location
The other title(s) from: Irwansyah, author
Traditional Icon Culinary as Indonesia Gastro Brand (Artikel Jurnal)
Inisiasi merek Idonesia (Buku Teks)
User acceptance of tourism and hospitality mobile applications in Indonesia (Artikel Jurnal)
Penerimaan teknologi instant messaging dalam mendukung branding bisnis startup (Prosiding The Power of Communication Conference 2016 : Komunikasi digital, kreativitas dan interkonektivitas) (UI - Makalah dan Kertas Kerja)
Perspektif Triplehelix dalam nation brand Indonesia (Artikel Jurnal)
Indonesia gastronomy brand: Netnography on virtual culinary community (Artikel Jurnal)
Kepemimpinan ideal versi Komunitas Forum Online (Artikel Jurnal)
Efek iklan televisi program Keluarga Berencana (Artikel Jurnal)
Konflik perbatasan Indonesia-Malaysia dalam forum Komunitas Online dan perspektif masyarakat di wilayah perbatasan (Artikel Jurnal)
What do scientists say on climate change? A study of Indonesian newspapers / Irwansyah (Artikel Jurnal)
Internet dan Konvergensi (artikel dalam buku: komunikasi massa/ Billy K. Sarwono, dkk) (UI - Makalah dan Kertas Kerja)
Border issue: misperception between Indonesia and Malaysia (Artikel Jurnal)
Perjuangan Malayan Indians Congerss (MIC) dalam Federated of Malaya 1948-1967 = The Struggle Malayan Indians Congerss (MIC) in the Federated of Malaya 1948-1967 (UI - Skripsi (Open))
Pascakebenaran, riset dan tata kelola komunikasi (artikel koran Media Indonesia, Kamis, 6 Juli 2017) (UI - Makalah dan Kertas Kerja)
Kuasa pemerintah dalam ranah digital (artikel koran Media Indonesia, Rabu, 30 November 2016) (UI - Makalah dan Kertas Kerja)
 
  • Availability
  • Digital Files: 1
  • Review
  • Cover
  • Abstract
Call Number Barcode Number Availability
MK-Pdf TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20440738
ABSTRAK
Penyebarluasan gagasan keluarga berencana (KB) secara massif dan jangkauan luas salah satunya dilakukan melalui iklan televisi. Iklan dapat menimbulkan efek yang dapat mengubah pengetahuan, sikap, keyakinan dan perilaku individu yang melihat iklan. Artikel ini mendiskusikan tiga level efek iklan televisi program KB terhadap level (1) kognitif, (2) afektif, dan (3) perilaku. Penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan KB memiliki efek pada level pengetahuan. Hal ini dapat terukur dari memori terhadap pesan program KB. Kemudian, terpaan iklan KB juga terbukti tidak mempengaruhi perubahan sikap dan perilaku responden. Namun, responden memiliki sikap positif terhadap program KB dan adanya keinginan untuk menerapkan gagasan KB di masa akan datang. Terdapat juga indikasi bahwa penerimaan program KB tidak dipengaruhi dari iklan televisi saja melainkan melalui berbagai aspek lainnya seperti ekonomi, keluarga, lingkungan dan lain-lain. Iklan KB berperan sebagai stimulator yang dapat menggiring masyarakat untuk menerima program KB.


ABSTRACT
One of family planning idea dissemination in massive and wide coverage is television ads. Ads could influence the change of people’s knowledge, attitude, belief dan behavior who watches the ads. This article discusses effects of television ads toward (1) cognitive, (2) affective, (3) behavior level. This study shows that exposure of television ads has affected knowledge level. Meanwhile, exposure of television ads does not have any effect on attitude and behavioral level. Respondents have positive attitude toward family planning program and strong willingness to adopt the program in the future. There is also indication that family planning program acceptance is not affected by only televion ads, but it could be influenced by other aspects such as economy, family, environment and etc. Therefore, family planning television ads role as stimulator that could persuade people to adopt the program.
, || User : Universitas Indonesia Library || Best view with  Firefox