Abstract
Bapak Ibu orangtua mahasiswa yang terhormat,

Pertama-tama saya mengucapkan selamat atas prestasi putra/putri anda yang telah lulus ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Proyek Perintis I, Departemen Pendidikan .& Kebudayaan. Apa yang telah dicapai putra/putri Bapak-Ibu, benar-benar merupakan suatu prestasi, karena ujian seleksi telah ditempuh secara sungguh-sungguh tanpa, katrol-katrolan. Dan dari 44.113 lulusan SMA yang mengikuti ujian di Stadion Senayan hanya.1853 yang diterima di Universitas Indonesia.

Selanjutnya putra/putri. Bapak-Ibu telah mendaftarkan diri ke Universitas Indonesia dan telah pula kami terima sebagai mahasiswa. Kini ia-berdiri pada awal suatu-perjalanan yang cukup. lama dan berat untuk mencapai gelar sarjana, suatu hal yang Bapak-Ibu idam-idamkan dan memang menjadi pula cita-cita putra/putri-anda.
-
Tidaklah- berlebih-lebihan kiranya anggapan bahwa seorang mahasiswa. (baru) ; harus menempuh perjalanan yang cukup. lama dan ; cukup berat untuk, sampai kepada tujuan, yakni status. kesarjanaan. Untuk sampai kepada tujuan, selama-4-5.tahun ia harus dapat.melakukan konsentrasi penuh, bekerja secara teratur (tidak angin-anginan), dan-mampu membagi waktu. Sebabnya adalah karena scope daripada pendidikan universitas tidak hanya meliputi aspek kecakapan dan ketrampilan belaka, melainkan juga meliputi kegiatan-kegiatan kokurikuler dalam rangka meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan.